Jazuli PKS: Santri Tulang Punggung NKRI

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini (tengah)
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA – Memperingati Hari Santri, Fraksi PKS di DPR mengajak masyarakat untuk memuliakan ulama, santri, dan pesantren. Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini mengatakan santri punya kontribusi peranan terhadap negara RI. Menurut Jazuli, santri punya peranan sebagai tulang punggung NKRI.

"Tidak berlebihan jika kita katakan santri adalah tulang punggung NKRI. Mereka yang mewariskan NKRI, mereka juga yang menjaga kedaulatannya," kata Jazuli saat seminar 'Peran Santri dalam Menjaga Kedaulatan NKRI' seperti disampaikan dalam keterangannya, Selasa, 22 Oktober 2019.

Dia menyebut jika proses kemerdekaan RI andil dari ulama dan santri dari pesantren-pesantren. Kata Jazuli, santri dan ulama di barisan terdepan untuk melawan penjajah.

"Ketika penjajah hadir maka jiwa-jiwa santri siap berkorban untuk ibu pertiwi. Hingga kini pesantren itu khas mengajarkan islahul umat wa hifzu daulah," jelas Jazuli.

Kemudian, Jazuli menambahkan pendidikan pesantren punya semangat nasionalis maka layak dijadikan soko guru pendidikan nasional. Ia bersyukur karakter pendidikan pesantren kini sudah diperkuat melalui UU Pesantren yang sudah disahkan.

Menurut dia, santri juga menjadi gambaran visi pendidikan nasional seperti dituang dalam Pasal 31 UUD 1945. "Dalam pasal itu yaitu siswa didik yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia," tuturnya.

Adapun dalam seminar ini Peran Santri Dalam Menjaga Kedaulatan NKRI' hadir sejumlah pembicara seperti Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Badan Wakaf Pesantren Gontor, Prof. Ahmad Zahro, MA, Rektor Univ Pesantren Darul Ulum, Jombang Jatim Alhafidz, Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, Prof. Komaruddin Amin.