Kelakar Jaksa Agung: Anak yang Pergi Sudah Kembali

ST Burhanuddin diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Jaksa Agung saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – ST Burhanuddin resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Jaksa Agung. Usai dilantik di Istana Negara pada Rabu, 23 Oktober pagi. Burhanuddin pun langsung menyambangi kantornya guna bersilaturahmi dengan staf dan melakukan video conference dengan para Kepala Kejaksaan Tinggi.

Usai bersilaturahmi dan melakukan video conference, Burhanuddin mengaku dirinya hanya menyampaikan bahwa dirinya telah kembali ke Kejaksaan Agung. Diketahui bahwa Burhanuddin merupakan eks Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara atau Jamdatun.

"Cerita saja saya pulang kembali. Anak yang pergi sudah kembali gitu saja," ujarnya sambil tertawa di Kejaksaan Agung, Rabu, 23 Oktober 2019.

Mengenai serah terima jabatan dirinya dengan Prasetyo yang merupakan Jaksa Agung sebelumnya, ia pun menyebut akan menyesuaikan waktu. Hingga saat ini, ia mengaku belum bertemu dengan Prasetyo.

"Sama beliau belum ketemu pasti ada (ketemu). Dia senior saya. Saya hormat sama beliau. Tanya ke beliau maunya kapan (sertijab)," ujarnya.

Diketahui, ST Burhanuddin adalah mantan Jaksa Muda Bidang Perdata dana Tata Usaha Negara. Dia dipercaya Jaksa Agung Basrief Arief yang menjabat sejak 2010 hingga 2014. Sebelum menjadi Jamdatun, ST Burhanuddin mengemban tugas sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan. Ia pensiun jadi Jaksa pada tahun 2014. [mus]