Idham Azis Kapolri, Andika Perkasa: Hubungan TNI AD-Polri Makin Bagus

Calon Kapolri Idham Azis
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhamad Adimaja

VIVA – Idham Azis tinggal dilantik Presiden Joko Widodo menjadi kapolri menggantikan Tito Karnavian. Paripurna DPR sudah menyetujui Idham untuk memimpin korps Bhayangkara.

Respons positif bermunculan dari berbagai pihak termasuk pandangan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. Ia meyakini Idham akan membawa hubungan kerja sama TNI dan Polri ke arah yang semakin baik.

"Kami sangat percaya kepemimpinan Polri baru akan membuat hubungan kerja antara TNI AD dengan Polri akan semakin bagus," kata Andika di Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis 31 Oktober 2019.

Andika mengaku mengenal baik figur Idham. Kata dia, Idham bukan orang yang baru dikenalnya.

Menurut dia, sejak muda, mereka telah banyak terlibat dalam berbagai kegiatan.

"Kapolri baru bukan orang baru bagi kami. Kita sering ketemu. Saya yakin, ini hanya langkah berikutnya saja dalam melaksanakan tugas negara, termasuk melakukan kerja bareng dengan masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Paripurna DPR resmi mengesahkan Komjen Idham Azis sebagai kapolri dalam pengambilan keputusan tingkat II. Forum Paripurna dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani.

Di tingkat I, saat proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III, seluruh fraksi secara aklamasi menyetujui Idham Azis. Idham diajukan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal kapolri menggantikan Tito Karnavian yang menjadi menteri Dalam Negeri.