Menag Resah Perkembangan Cadar Dilakukan dengan Alasan Agama

Menteri Agama Fachrul Razi
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Menteri Agama Fachrul Razi merasa resah, dengan adanya orang yang menjadikan niqab dan cadar sebagai landasan atau tolak ukur ketakwaan seseorang.

"Terus terang saja kami resah melihat perkembangan cadar yang dilakukan dengan alasan agama. Seolah-olah kalau kita takwa itu kita pakai cadar, semakin tinggi takwanya cadarnya makin tertutup sama sekali, mungkin begitu. Kita khawatir ini," kata Fachrul Razi di kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 8 November 2019.

Kendati begitu, mantan Wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia ini  mempersilakan seorang muslimah menggunakan cadar tersebut. "Kalau orang mau pakai cadar silakan tapi kita garis bawahi bahwa itu tidak ada kaitannya dengan ketakwaan orang. Jadi dilarang pak, enggak, enggak dilarang silakan saja pakai," ujarnya.

Tapi, ia meminta jangan sampai dikembangkan dengan isu bahwa orang yang mengenakan cadar menunjukan ketakwaan sehingga semua anak-anak pun dibujuk untuk pakai cadar.

"Oleh sebab itu, harus ada orang yang ngomong bahwa cadar itu tidak ada kaitannya dengan ketakwaan dan karena itu saya tunggu-tunggu yang ngomong enggak banyak maka saya harus ngomong bahwa cadar itu tidak ada kaitannya dengan ketakwaan. Tapi tidak dilarang," ujarnya.

Dia menambahkan, "Silakan saja yang mau pakai. Jadi kalau ada katanya menteri agama melarang pakai cadar, enggak. Saya hanya mengatakan tidak ada kaitannya dengan ketakwaan. Silakan mau pakai."