Pengumuman Pendaftaran CPNS di Riau Ditunda

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengakui adanya penundaan waktu pengumuman pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk wilayah Riau.

Jadwal yang seharusnya dilakukan pada 11 November 2019 diundur pada tanggal 13 November 2019.
"Benar bahwa ada penundaan waktu tentang jadwal pengumuman CPNS di Riau terkait beberapa persoalan," kata Ridwan kepada VIVAnews, Senin, 11 November 2019.

Dia menjelaskan, terdapat tiga formasi yang dibuka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kementerian PAN-RB) kurang tepat atau tidak sesuai dengan pendidikan. Alasan itu pula yang membuat pengumuman belum dilakukan.

Terkait dengan penundaan ini, Ridwan mengungkapkan, pihaknya akan menemui Kementerian PAN-RB untuk membicarakan, sekaligus menjelaskan ketidaksesuaian formasi yang diberikan dengan yang dibutuhkan Pemerintah Provinsi Riau. 

"Nanti akan kita bicarakan dan sampaikan mengenai formasi ini, bilamana ada perubahan sesuai dengan ketentuannya maka akan segera  kita umumkan," ujar Ridwan. 

Sebelumya diberitakan, pemerintah akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil atau CPNS di seluruh kementerian, lembaga, dan instansi yang ada di daerah pada 11-24 November 2019. Pemerintah mengimbau proses administrasi awal dan pemenuhan syarat yang ditetapkan harus disampaikan para pelamar pada periode tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada semua pihak agar tidak melakukan kecurangan, dalam proses seleksi pendaftaran CPNS yang dibuka pada 11 November 2019.