FPI Protes Dubes RI yang Anggap Habib Rizieq Ancaman bagi Arab Saudi

Sekretaris Umum FPI, Munarman.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Juru bicara Front Pembela Islam, Munarman, berang terhadap Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, karena sang duta besar menyatakan bahwa Habib Rizieq Shihab dianggap membahayakan keamanan Arab Saudi.

Menurut Munarman, Agus selaku duta besar tidak menjalankan tugasnya. Seyogianya, jika ada warga negara yang tengah kesusahan, selayaknya kedutaan Indonesia membantu.

"Pak Agus ini sangat paham dengan dunia intelijen di Arab. Penyataan Pak Agus itu, mensyukuri ada musibah terhadap warga negara indonesia. Tugas Dubes itu melindungi WNI yang sedang mendapat masalah, bukan menyetujui masalah yang dihadapi," katanya dalam dialog dengan tvOne, Selasa 12 November 2019.

Munarman menilai, pernyataan Agus seolah Habib Rizieq dengan pemikiran-pemikirannya menjadi ancaman bagi Arab Saudi. Baginya, itu bukan tugas seorang duta besar. “Kalau tidak mau bantu, tidak usah ngomong," tambahnya. 

Biasanya, katanya, jika ada warga negara lain dianggap mengancam keamanan di negaranya, otoritas setempat mengembalikannya ke negara asal. Begitu juga, dari negara yang bersangkutan akan mengambil langkah hukum. (asp)