Puan Kritik Rencana Jokowi Tambah Wamen, Begini Respons Moeldoko 

Pelantikan 12 Wakil Menteri di Istana Negara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menanggapi kritikan Ketua DPR, Puan Maharani soal rencana Presiden Jokowi menambah enam Wakil Menteri lagi. Rencana ini sebelumnya terlontar dari ucapan Moeldoko sendiri.

"Ya baru rencana. Rencana kan bisa berubah kan, namanya juga rencana," kata Moeldoko ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat 15 November 2019. 

Puan sebelumnya mengkritik bahwa rencana penambahan sebanyak enam Wakil Menteri lagi tidak efisien. Karena 12 Wakil Menteri yang baru saja ditunjuk Jokowi dinilainya sudah lebih dari cukup untuk membantu kerja kepala negara. 

Meski begitu, Moeldoko belum bisa memastikan apakah rencana itu akan direvisi. "Ya belum tahu lah," kata dia. 

Pertimbangan penambahan wakil menteri dikritik puan karena bicara terkait dengan efisiensi. Sebab, dikhawatirkan pula komposisi pejabat di kementerian akan terlalu gemuk.

"Jadi, kalau kita bicara efisiensi ya tentu saja itu tidak sesuai," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, 11 November 2019.

Namun, Puan mengatakan, penambahan enam wakil menteri itu sepenuhnya hak prerogatif Presiden. Ia pun selaku pimpinan DPR belum diberitahu mengenai rencana tersebut.

Hingga saat ini, baru ada dua Peraturan Presiden terkait rencana penambahan wakil di Kementerian atau Lembaga Tinggi Negara. Pertama adalah Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Wakil Panglima TNI , dan Perpres Nomor 72 Tahun 2019 tentang Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.