Terserang DBD, Lima Orang Meninggal Dunia di Pekanbaru

Ilustrasi Tes Demam Berdarah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhamad Amin mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan terkait penyebaran virus dengue.

Terhitung Januari 2019 hingga November 2019 sudah lima orang warga Pekanbaru yang meninggal dunia akibat Demam Berdarah Dengue (DBD).

Diketahui bahwa demam berdarah merupakan infeksi yang terjadi akibat virus dengue dan berbahaya terhadap manusia. Virus ini dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

"Untuk tahun ini saja terdapat lima warga yang sudah meninggal dunia akibat terserang DBD," kata Amin dikonfirmasi VIVAnews, Sabtu 16 November 2019.

Terkait kasus ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya hingga ke tingkat puskesmas guna melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Dalam hal ini masyarakat diminta untuk membersihkan bak mandi, membersihkan botol bekas sekitar rumah untuk menghindari perindukan nyamuk.

"Kuncinya menjaga kebersihan lingkungan dengan demikian maka nyamuk tidak mudah bersarang. Apalagi saat ini dalam masa pancaroba atau perubahan musim hujan,” lanjut dia.