Terungkap, Penyebab Puluhan Makam Terbongkar di TPU Tasikmalaya

Ilustrasi Pemakaman di TPU Pondok Ranggon (viva.coid)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bobby Agung

VIVA – Misteri terbongkarnya sejumlah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pakemitan, Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terkuak.

Petugas Polres Tasikmalaya menyimpulkan bahwa pembongkaran sejumlah makam di lokasi itu bukan dilakukan oleh manusia, melainkan ulah hewan yakni anjing. Kesimpulan itu berdasarkan hasil penyelidikan petugas.

Reporter tvOne mengabarkan, berdasarkan keterangan Kapolres Tasikmalaya Ajun Komisaris Besar Polisi Dony Eka Putra, kesimpulan itu juga diikuti dengan temuan warga yang berpatroli. Warga menemukan hewan itu berada di atas makam yang tergali.

Sebelumnya, ada sekitar 35 makam di TPU yang ditemukan bekas galian tidak lazim. Pertama, warga menemukan sebanyak 25 makam dalam kondisi terbuka pada bagian bawah nisan, dengan lebar hampir sekitar 50 senti meter.

Kemudian Senin, 11 November 2019, ditemukan dua makam lagi dengan kondisi serupa. Sehari kemudian, ditemukan 8 makam dengan kondisi sama.

Awalnya, tergalinya beberapa makam ini diduga dilakukan seseorang. Namun, berdasasrkan hasil penyelidikan polisi, ternyata itu merupakan ulah hewan anjing.

Saat ini, polisi telah memasang CCTV di sekitar lokasi makam.

Laporan Ipug S Munawar (Tasikmalaya, Jawa Barat)