Suporter Indonesia Diduga Dikeroyok, Fadli Zon: Jangan Emosional

Fadli Zon diwawancara awak media.
Sumber :
  • VIVAnews/Adi Suparman

VIVA – Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi pasti soal adanya suporter sepakbola Timnas Indonesia yang diduga dikeroyok suporter sepakbola Timnas Malaysia, usai laga kedua tim dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, di Stadion Bukit Jalil, 19 November 2019 lalu.

"Belum, belum ada. Nanti kita lihatlah apa yang sebenarnya terjadi," kata dia di Gedung Lembaga Pertahanan Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu, 23 November 2019.

Dia minta masyarakat tenang dan tak terpancing emosi. Sebab, harus diperhatikan betul apakah benar ini pengeroyokan atau bukan.  Masyarakat diminta bisa berpikir jernih menyikapi hal ini.

"Nanti kita lihatlah apa yang sebenarnya terjadi, jangan kita emosional juga gitu. Lihat dulu apa yang sesungguhnya terjadi, apa benar enggak ada pengeroyokan seperti itu. Kalau misalnya itu, apakah itu bukan peristiwa yang berbeda atau apa," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, harus dicari terlebih dahulu kronologi pastinya. Sebab, dewasa ini berita bohong atau hoax dengan mudah tersebar di media sosial. Fadli minta tidak melihat dari video viral di medsos semata karena informasi medsos tidak valid 100 persen. 

"Jangan sampai nanti berita itu cuma sepotong-sepotong apalagi hoax. Saya melihat juga pernyataan bahwa kemungkinan berita itu belum tentu benar seperti apa yang digambarkan.  Jadi, lebih bagus karena kita kan ini punya hubungan baik dengan negara seperti Malaysia, jadi jangan sampai kita termakan oleh yang bisa mengadu domba gitu," kata Fadli.