Jelang Reuni 212, Tidak Ada Pergerakan Massa ke Jakarta

Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Jalan MH Thamrin, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA - Polisi belum melihat adanya massa dari luar Jakarta yang akan mengikuti aksi reuni 212 mendatang. Aksi 212 tersebut rencananya akan digelar pada 2 Desember 2019 di Jakarta.

"Situasi jelang reuni PA 212. Sampai hari ini pihak kepolisian tidak melihat ada pergerakan yang menuju ke Jakarta," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 28 November 2019.

Terkait massa dari Polda sekitar seperti Polda Banten dan Polda Jawa Barat, Asep menuturkan pihak kepolisian daerah tersebut akan mengedepankan langkah-langkah preventif dan imbauan.

Imbauan tersebut, kata Asep, berupa imbauan agar massa di luar Jakarta yang akan mengikuti aksi reuni 212 di Jakarta agar melaksanakan aksi di daerahnya masing-masing.

"Sekiranya kegiatan itu kalau bisa dilakukan secara lokal dalam skala kecil, kira-kira begitu," katanya.

Ia pun mengimbau untuk para peserta aksi reuni 212 agar tertib dan tak menimbulkan kegaduhan. Selain itu, massa diminta agar menghormati hak orang lain dan menjaga keutuhan NKRI.

"Jadi harus tertib karena undang-undang seperti yang saya sampaikan kemarin sudah memberikan limitasi, batasan-batasan berdasarkan Pasal 6 UU nomor nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan penyampaian pendapat di muka umum," katanya. (ase)