Prabowo Ogah Bongkar Rencana Beli Alutsista

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat terbatas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto belum mau menjelaskan prioritas alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang akan menjadi prioritas lembaganya pada tahun depan. Menurut dia, pengadaan alat pertahanan negara tengah disusun karena sifatnya yang rahasia.

Hal itu dikatakan Prabowo usai melihat pameran industri alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

"Prioritas ya ada, tidak akan saya sampaikan ke kalian. Ini banyak mata dan telinga di sini," kata Prabowo, Selasa 3 Desember 2019.

Hanya saja Prabowo menekankan, pengembangan industri pertahanan, pihaknya akan melibatkan perusahaan swasta dan BUMN. Bagi dia, tidak ada pembeda, jika kedua perusahaan yang bergerak di sektor tersebut ikut menggarapnya.

"BUMN dan swasta kerja sama. Nanti kita bisa cari formulanya, akar masalah, BUMN lead integrator tapi semua swasta ikut dengan aktif," kata dia.

Dalam kesempatan itu, mantan Danjen Kopassus ini bilang, bahwasanya dia cukup puas dengan kemampuan alutsista yang dimiliki tiga matra TNI. Ia pun berjanji, dalam lima tahun ke depan akan lebih maju dan mandiri melalaui beberapa bagian yang harus mendapat perhatian penelitian dan pengembangan.

"Insya Allah saya optimis lima tahun lagi kita akan lebih mandiri, lebih berdiri di atas kaki kita sendiri," kata Prabowo