Jokowi Sebut Jurus Selesaikan Masalah BPJS Kesehatan Sudah Ditemukan

Presiden Jokowi sidak ke RSUD Cilegon, Banten, Jumat, 6 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo mengatakan sudah menemukan jurus untuk menyelesaikan masalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Hingga kini, banyak rumah sakit yang tidak dibayarkan tunggakannya oleh BPJS Kesehatan. 

Presiden mengatakan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sudah menemukan jurus penyelesaiannya. Hal itu dikatakan Jokowi, saat inspeksi mendadak di RSUD Cilegon Banten, Jumat, 6 Desember 2019. Dimana rumah sakit ini juga, dikabarkan BPJS belum membayar tunggakan sejak beberapa bulan lalu. 

"Karena memang ada defisit di BPJS itu sudah yang mau kita atasi, sudah empat tahun ini tapi belum ketemu," kata Jokowi, Jumat, 6 Desember 2019.

Namun mulai 2020, Jokowi mengaku sudah ada jurusnya. Hal itu akan diselesaikan Menkes. "Tapi sekarang menkes juga sudah menyampaikan di rapat terbatas kemarin, tahun depan sudah ketemu jurusnya, mungkin tanyakan ke menkes," katanya. 

Hari ini, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Banten.  Jokowi melakukan sidak ke RSUD Cilegon. Tidak ada yang mengetahui, rencana kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu. Presiden tiba sekitar pukul 09.15 WIB, satu mobil dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. 

Para warga yang awalnya duduk santai, menunggu antrean berobat, langsung heboh. Terlihat tidak ada persiapan apa-apa dari pihak RSUD. 

Di tempat antrean merawat, Jokowi mengobrol dengan beberapa pasien. Hal utama yang ditanyakan adalah, apakah warga berobat menggunakan BPJS Kesehatan atau tidak.  Hampir seluruhnya menggunakan kartu tersebut. Jokowi sempat melihat kartu itu, dan bertanya-tanya ke penggunanya. [mus]