Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Lebak

Banjir bandang menerjang Kecamatan Bayah dan Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat sore, 6 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Banjir bandang menerjang Kecamatan Bayah dan Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat sore 6 Desember 2019. Banjir air bercampur lumpur itu disebabkan hujan deras dan lama di hulu Sungai Cimadur.

Ada empat desa yang terlintasi Sungai Cimadur, yaitu Bayah Barat, Bayah Timur, Cimancak, dan Suaka. Setiap hujan deras di hulu hampir selalu banjir di keempat desa itu, kata Kepala Desa Bayah Barat, Ridwan, ketika dikonfirmasi melalui ponselnya.

Ketinggian air saat banjir bandang diperkirakan mencapai satu meter sehingga menghanyutkan berbagai macam barang di dalam rumah warga.

Selain itu, rumah warga pun dipenuhi lumpur yang terbawa air Sungai Cimadur. Hanya ada satu rumah bilik yang rusak dan tidak ada korban jiwa maupun luka.

"Kalau yang rumah permanen enggak ada yang rusak, cuma berantakan aja, karena di dalemnya lumpur. Barang-barang banyak yang hilang, karena hanyut," kata Ridwan.

Warga korban banjir bandang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lebak. Korban terdampak banjir untuk sementara mengungsi ke rumah sanak saudara yang aman untuk ditempati. (ren)