Polisi Pakai Alat ini Demi Ingatkan Pengendara Istirahat di Tol Cipali

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono (tengah)
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVAnews.

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Polisi Istiono melakukan peninjauan jalur liburan Natal dan Tahun Baru. Jalur yang ditinjau yakni jalan Trans Jawa.

Salah satu titik yang menjadi perhatiannya ada ruas jalan Tol Cipali. Berdasarkan paparan yang ia terima, ruas jalan Tol Cipali memang sering terjadi kecelakaan akibat para pengemudi yang mengantuk dan hilang konsentrasi.

Untuk itu, ia pun telah menyiapkan langkah-langkah untuk menekan angka kecelakaan tersebut. Salah satunya dengan memaksa para pengendara beristirahat di rest area.

"Kita fokuskan pertama kerawanan kecelakaan lalu lintas di Tol Cipali khsusnya di KM 86 sampai KM 130. Ada satu langkah pencegahan yaitu kita wajibkan istirahat di rest area," kata Istiono di rest area KM 102 Tol Cipali, Jawa Barat, Senin, 9 Desember 2019.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan guna para pengemudi beristirahat adalah dengan menyiapkan kendaraan double kabin 500 meter hingga 1 kilometer sebelum rest area.

Nantinya dalam kendaraan double kabin tersebut dibuat running text berupa imbauan dan pengeras suara agar para pengemudi beristirahat. Langkah ini, kata Istiono, sebagai bentuk proaktif Kepolisian. Sebab, berdasarkan data yang ia terima sebanyak 22 kejadian kecelakaan di Tol Cipali sepanjang 2019.

"Kami tak ada alat pantau orang mengemudikan itu berapa jam tapi kita lihat titik jenuh di KM 86 sampai 130. Kalau merenggangkan dan kalau ngantuk, ya tidur. Nanti akan kita paksa dikit," katanya. (ren)