Meja Peninggalan Sultan HB VIII Rusak gara-gara Wisatawan Mau Swafoto

Tangkapan layar rekaman video yang memperlihatkan sebuah meja marmer yang dipajang di Museum Keraton Yogyakarta ditemukan rusak, Senin, 16 Desember 2019.
Sumber :
  • IST

VIVA – Sebuah meja marmer yang dipajang di Museum Keraton Yogyakarta ditemukan rusak, Senin, 16 Desember 2019. Meja peninggalan Sultan Hamengku Buwono VIII ini rusak karena wisatawan yang ingin berswafoto atau selfie.

Putri Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X, GKR Hayu, mengunggah peristiwa rusaknya meja peninggalan kakek buyutnya itu dalam akun Twitter-nya.

"Katanya, tulisan dilarang pegang, dilarang foto, itu mengurangi keindahan museum/pameran. Tapi untuk menghadapi jenis orang butuh konten, tapi ndak bisa baca gini gimana?" tulis Hayu.

Dalam cuitannya, Hayu juga menautkan sebuah video yang memperlihatkan kondisi meja peninggalan Sultan HB VIII setelah tersenggol oleh wisatawan. Meja berwarna kuning keemasan itu rusak di bagian kaki penopangnya, sementara marmernya tergeletak di lantai.

Menurut Hayu, insiden itu terjadi ketika seorang wisatawan memaksa duduk untuk swafoto di meja sang sultan, tetapi kemudian menyenggol marmernya hingga terjatuh dan kaki penopangnya copot.

Hayu melanjutkan cuitannya dengan mengatakan bahwa wisatawan yang menyenggol itu sudah siap bertanggung jawab dan berjanji mengganti biaya perbaikannya. "Orangnya sudah menyatakan akan mengganti kerugian Tp intinya kan bukan itu. Barang2 di @kratonjogja tidak semua gampang diganti."