Operasi Lilin 23 Desember, Ratusan Ribu Polri dan TNI Dikerahkan

Apel Operasi Lalin 2019.
Sumber :
  • Foe Peace Simbolon/VIVAnews.

VIVA – Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Jaya 2019 akan digelar 23 Desember 2019. Operasi itu guna mengamankan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 dan digelar selama sepuluh hari.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjend TNI Eko Margiyono memimpin apel gelar pasukan tersebut hari ini, Kamis 19 Desember 2019. Dalam apel, Gatot membaca amanah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Dalam amanahnya, Kapolri ingin peningkatan kekuatan pengamanan dalam Operasi Lilin Jaya 2019.

"Fokus pengamanan adalah 61.308 objek di seluruh Indonesia baik di gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan Tahun Baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara,” kata Gatot membacakan amanah Idham di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 19 Desember 2019.

Dia melanjutkan, dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI serta 54.259 berasal dari instansi terkait antara lain Pol PP, Dishub, Diskes, Pemadam Kebakaran, Linmas, dan lain sebagainya.

Kata Gatot, gelar pasukan yang diselenggarakan serentak seluruh jajaran ini bertujuan guna memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan dan soliditas para pemangku kepentingan. Guna menumbuhkan ketenangan dan rasa aman masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjend TNI Eko Margiyono menambahkan, dalam operasi ini pihaknya bersifat membantu Kepolisian. Ia minta anggotanya tak biarkan situasi buruk sekecil apa pun terjadi di Ibu Kota yang jadi barometer Indonesia.

"Kita tidak boleh ada yang ego sektoral karena keamanan di tangan kita bersama. Kita ingin Natal dan Tahun baru tanpa ada gangguan sekecil apa pun," kata Eko menambahkan. (ren)