Libur Natal dan Tahun Baru, 50 Ribu Kendaraan Sudah Tinggalkan Jakarta

Gerbang Tol Cikampek Utama.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Sebanyak 50 ribu lebih kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta dan masuk Cikampek pada H-5 libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 di ruas Tol Jakarta Cikampek (Japek).

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Tbk, Faiza Riani, menjelaskan, jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan pada libur Nataru tahun sebelumnya pada hari yang sama.

“Jumlah ini meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 33 ribu kendaraan dan meningkat sebesar 63 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018,” ujar Faiza, Sabtu 21 Desember 2019.

Menurutnya, volume kendaraan yang masuk Cikampek melebihi dari yang diprediksikan. Bahkan, peningkatan itu mengharuskan petugas memberlakukan perpanjangan ruas contraflow untuk mengurai kepadatan di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di Km-48 dan titik menjelang rest area di Km-50 dan Km-57.

“Sampai dengan tanggal 20 Desember 2019, jumlah kendaraan yang telah melintasi GT Cikampek Utama masih sebesar 22 persen dari total volume lalu lintas yang diprediksi,” katanya.

Dengan situasi tersebut pihaknya memprediksi sebesar 78 persen atau sebanyak 182 ribu kendaraan melintasi gerbang tol Cikampek Utama hingga 24 Desember 2019. 

“Jumlah ini akan terus diantisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas bersama dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan Darat demi kenyamanan perjalanan pengguna jalan selama melintasi jalan tol Trans Jawa,” ujarnya.