Amankan Malam Natal, Polisi Terjunkan 8.198 Personel di Jakarta Pusat

Ilustrasi pengamanan Natal.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Kepolisian menerjunkan ribuan personel untuk mengamankan Natal hingga Tahun Baru 2020 mendatang. Khusus di Jakarta Pusat, sebanyak 8.198 personel yang diterjunkan untuk mengamankan dua kegiatan tersebut.

Kabagops Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Wiraga Dimas Tama mengatakan, selain menerjunkan ribuan personel tersebut, Kepolisian turut menggandeng pengurus gereja untuk memonitor saat perayaan Natal.

"Kami kerja sama dengan petugas pengamanan kerja. Mengamati pengunjung jemaat yang masuk, sterilisasi area, mengimbau mobil yang mencurigai," kata Wiraga di Jakarta, Selasa, 24 Desember 2019.

Wiraga menjelaskan, sampai saat ini beberapa ancaman yang tengah diantisipasi adalah serangan teror dan kejahatan jalanan.

"Kami melakukan kegiatan preventif. Antisipasi kegiatan tawuran. Kalau Natal untuk terorisme kami penggalangan. Seperti melibatkan Bhabinkantibmas. Intinya fokus pengamanan ada di pusat hiburan natal," ujarnya menambahkan.

Saat ditanya soal adanya ormas yang bakal membantu pengamanan Natal, Wiraga menyebut nantinya mereka akan diperbantukan dengan Polsek setempat.

"Polsek sudah koordinasi dengan ormas setempat. Kami juga bikin pos di setiap gereja dan kalau gereja kecil nantinya hanya anggota yang bertugas menjaga di sana." [mus]