Jelang Tahun Baru, Kondom Laris Manis

Jelang pergantian tahun penjualan kondom meningkat.
Sumber :
  • VIVAnews/Ngadri

VIVA – Menjelang malam pergantian tahun, ada barang yang laris terjual selain terompet; alat kontrasepsi alias kondom. VIVAnews mendatangi salah satu toko swalayan, Alfamart, di Jalan Adisucipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Seperti di toko lain, swalayan ini juga menjual kondom. Jumlahnya lumayan banyak.

Salah satu karyawan toko yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, ada enam merek kondom yang dijual di tempatnya bekerja. Kondom yang terjual sejak 22 Desember 2019 sudah ada 20 kotak. Dan yang paling banyak dibeli jenis tisu super magic.

"Sudah 20 kotak alat kontrasepsi yang terjual sejak hampir satu minggu ini. Harganya juga bervariasi, ada yang Rp20 ribu dan ada yang Rp24 ribu per kotak," ucapnya kepada VIVAnews, Jumat, 27 Desember 2019.

Hal senada dikatakan oleh karyawan Alfamart lainnya, yakni Nabila. Kata Nabila, penjualan kondom sejak seminggu belakangan ini sangat laris manis. Berbeda dengan hari-hari biasa. Selain kondom, tisu super magic juga banyak dibeli warga.

"Nanti pada malam pergantian tahun baru biasanya penjualan kondom sangat meningkat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pembeli kondom akan lebih banyak pas malam tahun baru," ujar Nabila.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Pontianak, Yandi, meminta kepada masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun supaya dengan dilakukan dengan cara yang positif,  tidak berlebihan. Sehingga, perayaan malam pergantian tahun baru berlangsung aman dan nyaman.

Dia juga meminta kepada aparat yang berwenang melakukan upaya antisipasi tempat-tempat yang biasa dijadikan ajang pesta narkoba dan prostitusi. "Saya minta aparat kepolisian untuk melakukan pemantauan atau razia tempat-tempat yang terindikasi bisa menjadi tempat pesta miras, narkoba dan prostitusi," ujar Yandi.