Titik Banjir di Jalan Utama Jakarta, Cari Jalur Alternatif

Kendaraan melintasi banjir di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jaya Kusuma

VIVA – Banjir menerjang sejumlah jalan di Jakarta. Ketinggian air terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak dini hari tadi, 1 Januari 2020. Sejumlah wilayah bahkan tidak dapat dilintasi kendaraan.

Masyarakat telah memberi informasi melalui Twitter @TMCPoldaMetro. Dari pantuan, banjir melanda Jalan Bendungan Hilir Raya, Jakarta Pusat. Laporan ini disampaikan pukul 07.45 WIB. Ketinggian banjir 70-80 cm. Kendaraan tidak dapat melintas. Kawasan jalan yang berada di samping pos pol Benhil, air banjir terpantau setinggi 60-70 cm.  

Sementara di kawasan jalan utama Bulevard Barat, Kelapa Gading, juga dilanda banjir. Mulai dari Jalan utama Kelapa Gading hingga kawasan depan Moi arah barat maupun arah sebaliknya. Banjir membuat kawasan ini tidak dapat dilintas kendaraan. Sementara di kawasan Jalan Nias Kelapa Gading Barat dan Timur, air banjir terpantau setinggi 50-60 cm.

Di kawasan Jakarta Timur, banjir juga terjadi di jalan utama di kawasa Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. Pada pukul 07.44 WIB. Banjir juga terjadi di depan Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Sejak pukul 07.37 WIB, air semakin meninggi dan sementara ini tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan.

Di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, genangan air banjir juga terjadi. Dari pantauan, sejak puklul 07.29 WIB,  banjir setinggi 20-30 Cm terjadi di depan Apartemen Mansion, Jalan Kemang Raya Jakarta Selatan. Pengguna jalan diminta untuk berhati-hati.

Selain jalan utama, banjir juga terpantau di ruas tol menyebabkan kemacetan. Berdasarkan informasi dari Jasamarga, pada pukul 08.25 WIB, ada genangan air di Tol Pamulang KM 09-KM 08+600 arah Ulujami. Kemacetan panjang terjadi dan kendaraan dialihkana keluar gerbang Bintaro.  Kemudian menjelang Pondok Ranji KM 03 arah Ulujami juga terjadi kepadatan akibat ada penanganan kecelakaan.

Kemudian pada pukul 08.28 WIB, kepadatan terjadi di Tol_CTC Slipi - Tj Duren KM 14+800. Akibat genangan air, kemacetan tidak dapat dihindari. Pengguna jalan diminta untuk mencari jalan alternatif.