Kabid Humas Polda Jatim Kombes Barung Mangera Digeser ke Mabes Polri

Sertijab Kabid Humas Polda Jawa Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Kepolisian RI kembali melakukan rotasi jabatan. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera salah satunya. Ia dimutasi dan menempati jabatannya yang baru sebagai Analis Kebijakan Madya Divisi Humas Polri. 

Posisi Barung diganti oleh Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, sebelumnya Kabid Humas Polda Jawa Barat. Mutasi keduanya tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/3232/KEP/2019. Bersama beberapa anggota lain yang ikut dimutasi, serah terima jabatan keduanya digelar di Markas Polda Jatim di Surabaya pada Jumat, 3 Januari 2020.

"Hari ini cukup banyak pejabat utama dan Kapolres (yang sertijab), ada 28 pejabat yang hari ini kami serah terimakan," kata Kepala Polda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan usai sertijab.

Barung menjabat Kabid Humas Polda Jatim lumayan lama, yakni sejak tahun 2016. Ia menggantikan Brigadir Jenderal Polisi RP Argo Yuwono, kini Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri. Karena itu, Barung sangat akrab dengan wartawan di Jatim, terutama di Surabaya. Apalagi, ia tipikal pejabat yang gemar bercanda, bahkan cenderung suka usil. 

Barung juga dikenal ceplas-ceplos. Tipikal berbeda dari umumnya pejabat kehumasan Polri yang biasanya berhati-hati dan menata pernyataan.

Tak ayal, ia sering terlibat 'perang' pernyataan dengan pihak beperkara. Yang menonjol, di antaranya, ketika Ahmad Dhani Prasetyo terbelit kasus vlog ujaran 'idiot' dan pada kasus prostitusi yang melibatkan Vanessa Angel.

Dasar Barung, usai sertijab dia lah yang paling membuat heboh di Gedung Mahameru, di antara pejabat lainnya yang ikut sertijab. Kalimat-kalimat khasnya pun meluncur dari bibirnya saat mengajak wartawan untuk berswafoto.

"Antemi dirimu sendiri (pukul dirimu sendiri)," begitu Barung biasa mengusili wartawan di Polda Jatim. 

Pengganti Barung, Kombes Trunoyudo, bukan orang asing di bidang kehumasan. Sebelumnya ia menjadi “corong” di Polda Jabar. Karena itu, ia mudah dan langsung akrab dengan pejabat lain dan wartawan di Polda Jatim. Kesan pertama, Trunoyudo juga pandai bergurau.

"(Dalam bertugas) Polda Jatim sudah ada acuan tentang promoter, di mana ada program Bapak Kapolri," katanya. (ren)