Pembakaran Lahan Masih Terjadi di Riau, Sudah 9 Orang Ditangkap

Pembakaran lahan masih terjadi di Riau.
Sumber :
  • VIVAnews/ Bambang Irawan.

VIVA - Pembakaran hutan dan lahan hingga kini masih terus terjadi di sebagian wilayah Provinsi Riau. Ini bukti bahwa pemerintah kesulitan dalam upaya pencegahan meski sinergitas antara lembaga sudah dilakukan.

Berdasarkan data yang diperoleh, sampai pertengahan Januari 2020 tercatat lebih kurang 79 hektar lahan terbakar tersebar di Kabupaten Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Dumai dan Kota Pekanbaru.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Komisaris Besar Polisi, Sunarto menjelaskan, kepolisian saat ini telah menangani 7 kasus pembakaran hutan dan lahan dengan jumlah 9 orang tersangka.

Sejak awal tahun kemarin belum ditemukan adanya keterlibatan korporasi dalam pembakaran lahan tersebut.

"Ada tujuh kasus yang ditangani kepolisian jajaran Polda Riau dengan jumlah sembilan tersangka. Saat ini perkaranya masih dalam pemberkasan dan proses bersama penyidik pada masing-masing wilayah," kata Sunarto kepada VIVAnews, Kamis 16 Januari 2020.

Sunarto menambahkan, sejak awal tahun kemarin kepolisian terus melakukan berbagai upaya dalam penanganan kasus pembakaran lahan di beberapa daerah. Mulai sosialisasi hingga penindakan hukum.

Namun faktanya, masih terdapat sebgaian masyarakat yang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.