BMKG: Peringatan Dini Banjir Jakarta Kalah Sama Jiwasraya dan Novel

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan sudah memberikan peringatan dini saat hujan lebat pada malam tahun baru 2020. Hanya saja memang peringatan dilakukan pada jam 01.00 WIB saat masyarakat tidur.

"Peringatan dini saat hujan lebat di malam tahun baru kemarin kami lakukan pada pukul 01.00 WIB, di mana pada saat itu sudah banyak masyarakat yang tidur, sehingga peringatan yang kami lakukan belum optimal," kata Dwikorita di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Ia menilai yang menjadi catatan penting kurangnya perhatian publik terhadap peringatan dini dari BMKG. Karena itu, ia membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terkait.

"Peringatan dini dari BMKG ternyata hanya menempati peringkat 9 trending topic. Jadi kalah dengan Pak Novel Baswedan, Jiwasraya, hari ibu, kecelakaan bus Sriwijaya, bahkan Ahmad Dhani yang bebas itu lebih diperhatikan dari peringatan dini BMKG," kata Dwikorita.

Ia menambahkan informasi peringatan dini tersebut juga hanya masuk urutan ke enam trending topic di media sosial saat banjir sudah terjadi. Sehingga bisa dikatakan belum menjadi pembahasan utama masyarakat.

"Sehingga sangat perlu kami berupaya terus dan mohon dukungan dari dukungan pihak terkait," kata Dwikorita.