Dapat Gelar Profesor di Brunei, UAS Ceramah soal Penuntut Ilmu

Ustaz Abdul Somad dapat gelar profesor di Brunei
Sumber :
  • Instagram @ustazabdulsomad_official

VIVA â€“ Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad atau yang dikenal UAS mendapat gelar profesor dari Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam, Selasa, 28 Januari 2020. Gelar UAS sebagai profesor tamu di UNISSA selama dua tahun ke depan.

Dikutip dari Instagram UAS, @ustadzabdulsomad_official, UAS sebagai profesor tamu di Fakultas Usuluddin, UNISSA.

"Dengan penuh hormat sukacita memaklumkan bahwa Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) telah bersetuju Yang Mulia Profesor Dr. untuk dilantik sebagai Profesor Kunjungan di Fakulti Usuluddin, UNISA bagi tempoh dua (2) tahun bermula pada 01 Januari 2020M sehingga 31 Desember 2021M di Fakulti Usuluddin, UNISSA," demikian keterangan dari pihak kampus UNISSA dikutip, Kamis, 30 Januari 2020.

Pelantikan UAS sebagai profesor tamu langsung oleh Rektor UNISSA, Dr. Haji Norarfan bin Haji Zainal. Setelah pelantikan, UAS pun diberikan kesempatan menyampaikan ceramah di hadapan Rektor, dosen, dan 500 mahasiswa UNISSA.

Dalam ceramah tersebut, UAS berpesan agar seorang penuntut ilmu berupaya jadi yang terbaik dalam disiplin ilmu yang ditekuninya. Namun, ia mengingatkan jadi terbaik saja juga tak cukup. Namun, mesti merujuk manhaj yang benar dalam akidah dan ibadah.

Selain unggul dan berada dalam manhaj yang benar, UAS juga punya pesan khusus untuk para penuntut ilmu. Menurutnya, penuntut ilmu harus menguasai beragam keilmuan di luar disiplin ilmu yang ditekuninya.

Dalam bidang akademik, UAS sebelumnya juga berhasil meraih gelar doktor di Oumdurman Islamic University, Sudan, 24 Desember 2019. UAS lulus dengan predikat mumtaz atau cum laude.

Disertasi UAS tentang peran pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Muhammad Hashim Asyari. Judul disertasi UAS yaitu ‘Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari Dalam Penyebaran Hadits di Indonesia'.

>