Genjot Layanan Transaksi, Begini Strategi Pegadaian

Ilustrasi PT Pegadaian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Demi meningkatkan pelayanan transaksi,  PT Pegadaian (Persero) membuat terobosan strategi. Sektor pembiayaan dan investasi emas akan terus ditingkatkan.

Strategi itu salah satunya menggelar program Badai Emas. Pemimpin Wilayah VIII Jakarta PT Pegadaian (Persero), Edi Sarwono mengatakan dalam program investasi tabungan ini nanti bisa untuk pembiayaan ibadah umrah dan haji.

"Jadi, ini program emas mulia dengan angsuran, program arisan logam mulia. Dengan program tabungan emas ini juga dapat dilakukan pemberangkatan haji cukup dengan 3,5 gram," kata Edi, Sabtu, 1 Februari 2020.

Dia menekankan dalam program Badai Emas ini juga sebagai promosi agar masyarakat yang sering bertransaksi mengenal secara intens produk Pegadaian. 

Saat ini, perusahaan pelat merah mesti cerdas dalam mengusung inovasi demi mendongkrak pelayanan di sektor industri keuangan. Maka itu, investasi emas yang tengah populer di masyarakat mesti dioptimalkan.

Dengan program ini diharapkan pula bisa berimbas positif terhadap daya tarik masyarakat sehingga transaksi meningkat. Ia bangga karena program Badai Emas dalam perkembangannya kini sudah punya jutaan nasabah.

"Tercatat lebih dari 6,8 juta nasabah yang bertransaksi selama periode Badai Emas Pegadaian berlangsung. Dan, 10,36 persen di antaranya nasabah baru," jelasnya. 

Dia mengapresiasi antusiasme nasabah dalam program ini. Terkait program, ia menyebut setidaknya ada 91 juta kupon transaksi nasabah hingga akhir periode pengundian dari berbagai kategori. Mulai dari kategori gadai, mikro, haji, dan transaksi di pegadaian digital. 

"Jumlah transaksinya pun mencapai lebih dari 12,5 juta transaksi dengan omzet lebih dari Rp47,3 triliun," tuturnya.

Kemudian, sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, Pegadaian juga menyelenggarakan beragam program hadiah sepanjang 2019. Program tersebut antara lain seperti April Emas, Badai Emas Pegadaian periode I dan Badai Emas Pegadaian peride II.

Pun, hal sama disampaikan Kepala Divisi Pemasaran PT Pegadaian, Elvi. Ia menambahkan Badai Emas Pegadaian Periode II merupakan program loyalty ketiga yang diselenggarakan sepanjang 2019. Terobosan Pegadaian di program ini memberikan hadiah langsung dan undian kepada nasabah yang melakukan transaksi selama 15 Agustus 2019 sampai 8 Desember 2019. 

Sementara, Deputi Bisnis Area Bekasi PT Pegadaian, Ana Savitri menjelaskan pihaknya juga sudah menyerahkan hadiah rumah senilai Rp1,25 miliar kepada nasabah. 

Nasabah yang beruntung sebagai pemenang undian program Badai Emas Pegadaian periode II itu adalah Fenny Octavia. Fenny merupakan nasabah Pegadaian cabang Karawang area Bekasi.