Polri Kepincut Alutsista Bikinan PAL, Pesan Kapal Multifungsi

Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto di Markas Polda Jatim.
Sumber :
  • Nur Faishal / VIVAnews.

VIVA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Kepolisian RI, Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto bertandang ke galangan PT PAL di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 4 Februari 2020. Ia mengecek produksi kapal yang dilakukan PAL dan berencana memesan satu unit kapal besar multifungsi. 

Agus mengakui bahwa Polri berencana memesan kapal multifungsi jenis Landing Platform Dock (LPD).

"Itu sebuah kapal tipe amfibi yang mampu memuat, meluncur, dan mendaratkan alutsista kekuatan darat atau udara secara terbatas, sejenis helikopter dalam sebuah misi peperangan," katanya di Markas Polda Jatim di Surabaya.

Kapal LPD lanjut Agus, juga bisa dipakai untuk mengangkut pasukan melalui jalur laut. Tidak hanya itu, kapal tersebut juga bisa digunakan untuk melaksanakan misi kemanusiaan. Ia menyebut armada laut tersebut dengan kapal multifungsi. 

"Jadi, juga betul-betul bisa membantu masyarakat dalam operasi kemanusiaan. Bisa saja nanti dijadikan rumah sakit," ungkapnya. 

Ia mengatakan, pemesanan kapal itu sesuai dengan perintah Kepala Polri Jenderal Polisi Idham Aziz tentang kebutuhan korps Bhayangkara akan peralatan kapal. Kepolisian pun meyakini PAL mampu memproduksi kapal yang sesuai dengan kebutuhan Polri. 

Berapa unit kapal dipesan Polri? "Satu saja sudah sangat mahal," ujarnya. 

PT PAL memang jago dalam memproduksi alutsista berhubungan dengan kelautan. Perusahaan pelat merah itu juga baru saja berhasil membuat kapal selam Alugoro-405. 

Presiden Jokowi pun berkunjung meninjau langsung keberhasilan itu di PT PAL. Ia meminta PAL memprioritaskan kebutuhan alutsista dalam negeri dari pada ekspor.