Kuota Haji Bagi Lansia Tahun Ini Naik 1 Persen

Menteri Agama Fachrul Razi
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan untuk musim haji tahun ini telah menaikan kuota bagi lansia sebesar satu persen. Jumlah ini di luar jumlah lansia yang sebelumnya sudah masuk dalam kuota haji 2020.

"Alokasi kuota untuk prioritas lansia. Di tahun pertama ini,  dialokasikan sebesar satu persen dari total kuota," kata Fachrul di gedung Kementerian Agama, Selasa 18 Februari 2020.

Menurut Fachrul, kuota satu persen ini di luar jamaah haji lansia yang memang akan berangkat tahun ini. Sesuai dengan data Siskohat,  total ada kurang lebih 33 ribu jemaah lansia yang berhak lunas tahun ini sesuai urutan porsinya. 

"Jadi, jika digabungkan total akan ada sekitar 35 ribu jemaah haji lansia yang berangkat tahun ini," ujarnya.

Purnawirawan jenderal TNI menjelaskan, ada tiga kategori lansia yang akan mengisi kuota satu persen yang disediakan Kementerian Agama tahun ini.  Kriteria pertama usia di atas 95 tahun dan masa tunggu tiga tahun, berjumlah 441 orang. 

Kriteria  kedua Lansia berusia 85-95 tahun dengan masa tunggu lima  tahun sejumlah 1.505 orang. Dan ketiga kategori lansia usia 75-85 tahun dengan masa tunggu 10 tahun berjumlah 94 jamaah.

"Dengan catatan semua sudah melunasi," katanya.