Umrah Dihentikan Sementara, AP II Koordinasi Soal Pemulangan Jemaah

Calon jemaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly.

VIVAnews - PT Angkasa Pura II melakukan koordinasi dengan maskapai dan juga travel terkait proses pemulangan para calon jemaah umrah yang tertunda keberangkatan ibadahnya menuju Arab Saudi.

"Kita lakukan koordinasi untuk melakukan proses pemulangan, baik yang menggunakan bus ataupun dengan penerbangan lagi," kata Chief Officer In Charge Bandara Soekarno-Hatta, Achmad Chairul, di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Februari 2020.

Travel diharapkan bisa melakukan pemulangan dengan cepat agar tidak menimbulkan kepadatan di area terminal.

"Kita antisipasi kepadatan di area terminal, makanya kita lakukan koordinasi. Sebetulnya, tidak melarang juga bila jemaah akan bertahan di sini, karena kita juga berikan fasilitas khusus di area Gate 5," ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya juga mencatat terdapat 400 jemaah yang diketahui telah kembali ke daerah asal menggunakan bus ataupun menginap di hotel terdekat serta rumah kerabat.

"Ada yang sudah pulang, baru saja kita dapatkan infonya. Rata-rata yang telah kembali di wilayah Jabodetabek, untuk yang daerah masih menunggu proses pemulangan mereka ke daerah masing-masing," katanya.

Terdapat 9 penerbangan yang melayani ibadah umrah dari Bandara Soetta menuju Arab Saudi terpaksa ditunda setelah adanya keputusan pemerintah setempat yang menangguhkan penerbangan menuju negaranya akibat virus corona. Untuk 9 penerbangan itu yakni 4 Garuda Indonesia, 3 Saudia Airline, 1 Lion Air dan 1 Batik Air dengan transit Singapura.