Menteri Agama Minta Masyarakat Berdoa Ibadah Haji Bebas Corona

Menteri Agama Fachrul Razi di Surabaya.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVAnews - Virus corona saat ini tengah menyerang berbagai negara di dunia termasuk Arab Saudi dan juga Indonesia. Salah satu dampak yang sangat terasa adalah dihentikannya kegiatan umrah untuk sementara.

Situasi tersebut dikhawatirkan merembet ke ibadah haji. Menteri Agama, Fachrul Razi, lantas meminta masyarakat di seluruh Tanah Air berdoa agar proses ibadah haji tahun ini bebas dari wabah virus tersebut.

"Masalah persiapan haji kaitannya dengan wabah itu kita berdoa saja semoga saat haji nanti dah clear yah. Yang tahu kan cuma Tuhan yah," kata Fachrul Razi di kantornya, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Maret 2020.

Fachrul mengatakan rencannya pemberangkatan jemaah ibadah haji tahun ini pada pertengahan Juni. Ia berharap sebelum itu sudah ada kepastian masalah wabah virus corona.

Kendati begitu, memang dari Kemenag telah menyiapkan rencana-rencana terkait pemberangkatan jemaah haji tahun ini, apabila wabah corona itu masih tetap ada.

"Adalah, kalau plan-plan kan disebutkan jadi panik. Jadi enggak usahlah disebutkan plan-plan," ujarnya.

Selain itu, Kemenag juga masih menunggu keputusan dari Kerajaan Arab Saudi terkait masalah larangan warga Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah maupun berziarah ke Tanah Suci.

"Kita tunggu, nanti ada kepastian masalah penghentian masalah itu dicabut," ujarnya.