Foto Bugil Tara Basro, Menkominfo: Kata Siapa Melanggar UU ITE

Menkominfo Johnny G Plate
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny Gerard Plate menilai foto setengah telanjang artis Tara Basro di akun media sosialnya sebagai sebuah seni. Jhonny bilang foto itu menyampaikan pesan yang bagus, bukan foto yang melanggar undang-undang.

Dia mengatakan, foto yang diunggah Tara bukanlah sesuatu yang melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE).

"Kata siapa melanggar UU ITE? Enggak lah. Harus dilihat baik-baiklah. Jangan semua hal itu didiametral begitu. Ada yang mengetahui itu. Evaluasinya adalah itu bagian dari seni atau bukan. Kalau itu bagian dari seni, maka itu hal yang biasa. Namanya juga seni," kata Plate, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Jhonny mengaku sudah melihat foto bintang film Gundala itu. Bagi dia, foto tersebut menggambarkan penampilan diri Tara.

"Saya juga sudah lihat fotonya kok. Fotonya masih dikategorikan itu bagian dari self respect," jelas Jhonny.

Terkait adanya perbedaan antara dia dengan Jubir Kemenkominfo dinilai hanya sebatas hipotesis saja. Menurut dia, sebelum dihadapkan dengal pasal UU ITE, maka harus dinilai terlebih dahulu.

Dia bilang tidak bisa begitu saja menyebut foto Tara melanggar UU ITE. Sebab, kata dia, melihat secara seni maka berbeda lagi sudut pandangnya.

"Enggak bisa begitu saja. Karena seni itu berbeda lihat sisi seninya. Tapi kalau pornografi itu terang benderang. Jadi harus dipisahkan," katanya.

Menurutnya, ada dua persepsi melihat foto Tara Basro tersebut. Ia berpandangan, ada pesan yang bagus yang ditampilkan dari sekedar foto itu yaitu penghormatan terhadap diri. Menurutnya, itu suatu yang baik.

Meski ada yang berpandangan peraturan dilanggar, ia meminta hal ini jangan dibentur-benturkan.

"Lalu, dipertentangkan dan hidup kita habis untuk mengurus pertentangan pendapat. Aduh, energi kita habis. Lebih baik hal yang positif dulu lah," jelas Plate.

Tara diketahui sempat mengunggah potret dirinya dengan nyaris tanpa busana. Potret tersebut diunggah Tara Basro ke Twitter pribadinya pada Selasa malam, 3 Maret 2020.

Dalam foto tersebut ia menuliskan kalimat, “Worthy of love”. Kemudian, ia juga menuliskan pesan baik untuk semua orang agar selalu percaya diri, “Coba percaya sama diri sendiri." Namun, unggahan foto itu kini sudah dihapus oleh Tara.