Jokowi Belum Terapkan Salam Corona

Capres Jokowi bersalaman dengan seorang pria di kawasan Tebet.
Sumber :
  • Agus Suparto

VIVA – Salam corona, sedang jadi tren di tengah wabah virus Corona. Bahkan di lingkungan pejabat negara, salam ini menggantikan salam menggenggam tangan seperti sedia kalanya.

Salaman ini berupa saling membenturkan antar siku. Itu terjadi di beberapa pejabat negara. Seperti yang terlihat di akun instagram mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

Pada Kamis pagi ini, JK mengunggah foto bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Salam corona dengan @smindrawati," tulis JK di captionnya dengan menampilkan foto ketika siku keduanya saling menempel sebagai ganti salaman seperti biasa.

Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, memang model salam corona seperti itu cukup efektif untuk menghindari penyebaran virus Corona atau covid-19.

"Itu cara bagus karena intinya kita sama-sama tidak tahu kalau memasuki area. Kalau salaman ada risiko, tapi kalau dengan cara-cara begini enggak ada yang tersinggung walaupun agak lucu-lucuan tapi itu bagus," kata Moeldoko, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 12 Maret 2020.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, dalam acara di Lombok Mataram NTB kemarin, juga tidak bersalaman dengan bersentuhan. Moeldoko sendiri mengaku, sudah menerapkan salam Corona seperti ini. Saat disinggung apakah Presiden Jokowi juga sudah menerapkan, Moeldoko mengatakan, "Belum,”.

>