Ini Langkah Korlantas Polri Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2020

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Istiono memimpin langsung rapat koordinasi ‘Kesiapan Pengamanan Operasi Ketupat Tahun 2020’ dengan jajaran dan instansi terkait di Lt 4 Gedung NTMC Polri, Kamis 12 Maret 2019.

Turut hadir Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi, dan peserta rakor perwakilan dari Bina Marga, Jasa Marga, dirlantas, dan kasat Lantas se-Indonesia.

Dalam paparannya, kakorlantas menyampaikan arus mudik dan arus balik jalur Sumatera dan Bali harus diskenariokan lebih awal agar lebih siap.

"Untuk wilayah Jabar arus mudik akan terbebani di Tol Elevated Km 48, kemudian agar dipersiapkan untuk antisipasi di bottleneck pada KM 47, semua kendala seperti kehabisan bensin dan penerangan juga harus disiapkan langkah-langkahnya," kata Istiono dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 13 Maret 2020.

Istiono menambahkan, skenario yang harus dipersiapkan secara matang yaitu One Way Km 70-414 Kalikangkung yang akan diberlakukan secara situasional.

"Untuk arus balik yang menjadi perhatian masalah di KM 66, karena adanya pertemuan arus yang dari arah Bandung dan Jateng, agar diatur skenario bagaimana caranya agar tidak terjadi penumpukan," tuturnya.

Mantan kapolda Bangka Belitung ini juga meminta agar koordinasi dan sinergitas bersama instansi terkait di lapangan dikuatkan khususnya daerah yang dilalui para pemudik.