Satu Pasien Suspect Corona di Padang Meninggal Dunia

Ilustrasi simulasi penanganan virus Corona .
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA – Satu orang pasien suspect virus Corona Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat, dilaporkan meninggal dunia, Jumat, 13 Maret 2020.

Menurut salah seorang pejabat RSUP M Djamil Padang, Gustavianof, pasien tersebut berjenis kelamin perempuan. Pasien tersebut merupakan rujukan dari salah satu rumah sakit yang ada di Sumbar. RSUP M Djamil merupakan rumah sakit rujukan penanganan Corona.

Pasien itu disebut masuk RSUP M Djamil pada Kamis kemarin, 12 Maret 2020. Saat masuk, pasien itu sudah mengalami batuk, senak napas, dan demam.

“Masuk kemarin. Meninggalnya tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Pada saat masuk, pasien itu mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas. Pasien ini, juga ada riwayat jantung," kata Gustavianof kepada VIVAnews

Meski demikian, dia belum bisa menyimpilkan pasien tersebut positif Corona atau bukan. Pasalnya, hasil uji laboratorium dari Kementerian Kesehatan RI, belum keluar.

Uji sampel, kata dia, baru dikirim Kamis kemarin. Namun, saat pihak RS masih menunggu hasil laboratorium keluar, pasien tersebut tadi pagi meninggal.

“Jadi, belum bisa dikatakan pasien itu, positif Covid-19. Karena hasil uji laboratorium belum keluar. Kan, baru dikirim kemarin,” kata Gustavianof.

Lebih lanjut, meski belum bisa dinyatakan positif Corona pihak RS sudah menangani sesuai standar World Healt Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia seperti penanganan jenazah pasien.

“Sesuai dengan standar dari Kemenkes RI dan WHO, penanganan jenazah tadi dilakukan di rumah sakit. Dimandikan di rumah sakit. Jenazah sudah dibawa ke kampung halamannya tadi," ujar Gustavianof.