Sultan HB X Bantah Isu Anggota Rombongan Raja Belanda Positif Corona

Raja Belanda Willem dan Sultan Hamengkubuwono X
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Beredar isu adanya anggota rombongan Raja dan Ratu Belanda yang dinyatakan positif virus Corona saat berkunjung ke DIY. Isu ini pun ditanggapi oleh Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X.

Sultan HB X memastikan jika anggota rombongan dari Belanda termasuk Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima tidak ada yang terkena virus Corona.

Sultan HB X menerangkan sebelum rombongan Belanda ke Yogyakarta sudah dilakukan pengecekan kondisi kesehatan. Pengecekan ini tak lepas dari kondisi negara-negara di Eropa yang juga ditemukan adanya virus Corona.

"Semua clear. Tidak hanya mendapat masukan tapi sebetulnya sebelum kehadiran saya minta clearance-nya dan itu clear. Ya sudah," ujar Sultan HB X di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Minggu 15 Maret 2020.

Sultan HB X pun membantah jika paska kunjungan Raja dan Ratu Belanda, dirinya bersama keluarga ditetapkan dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP).

"Tidak. Itu tidak betul (Sultan dan keluarga masuk daftar ODP). Kami tahu isu itu (jika ada rombongan Raja dan Ratu Belanda yang positif corona). Tapi, sudah clear," jelas Sultan HB X.

Sebelumnya, rombongan Raja dan Ratu Belanda berkunjung ke Yogyakarta pada Rabu 11 Maret 2020 yang lalu. Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, rombongan Raja dan Ratu Belanda ini sempat berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Kampung Cyber, UGM dan Candi Prambanan.

Dari pantauan, ada sejumlah pejabat dan menteri yang turut bersama rombongan Raja dan Ratu Belanda. Diantaranya ada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menlu Retno Marsudi.