Wabah Corona, UAS: Banyak-banyak Istigfar

Ustaz Abdul Somad.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ulama kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) meminta seluruh umat Islam untuk berserah diri pada Allah SWT terkait dengan musibah corona yang menjangkit seluruh dunia. Saat ini, hal yang bisa dilakukan yakni menjaga kebersihan, kesucian serta juga banyak beristigfar.

"Ikhtiar tetap, usaha tetap dan doa berserah diri pada Allah. Banyak-banyak beristigfar. Siapa yang banyak istigfar, kesempitannya diberikan jalan keluar, kesusahan hatinya diberikan kelapangan dan diberikan rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka. Dan perbanyak selawat, siapa yang berselawat satu kali maka allah akan balas 10 kali kebaikan," kata UAS di akun instagramnya @ustadzabdulsomad_official.

UAS menjelaskan, kegiatan bersih-bersih diri memang sudah dianjurkan dalam Islam, apalagi setiap muslim diwajibkan untuk wudu dan salat. Dia mengimbau untuk selalu mencuci tangan dalam setiap kegiatan.

"Kita tetap ada langkah antisipasi, ikhtiar. Itulah golongan Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah, di mana senantiasa menjaga kesucian, kebersihan tangan tetap cuci, bangun tidur cuci tangan, salat subuh wudu cuci tangan, salat duha cuci tangan, salat zuhur, asar, magrib isya cuci tangan, salat tajahud cuci tangan agar tangan kita bersih steril," kata UAS seperti dikutip VIVAnews.

Sementara itu, terkait dengan wabah corona dia menyebut segala sesuatunya sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. "Segala musibah yang terjadi di muka bumi, yang terjadi pada diri sendiri, semua sudah tertulis di Lauhul Mahfuz, sebelum diwujudkan Allah dalam bentuk nyata, itu sudah ada dalam perencanaan Allah SWT," kata dia.