127 Orang Terindikasi Positif Corona dari Hasil Rapid Test di Bandung

Sumber :

VIVA – Sebanyak 127 orang warga Kota Bandung dinyatakan terindikasi positif Corona Covid-19. Hasil ini berdasarkan rapid test dengan peserta cluster seminar keagamaan Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

“Data positif baru ini dari hasil rapid test dari klaster GBI,” kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial dalam keterangannya, Kamis 2 April 2020.

Oded memastikan tracking diberlakukan pada temuan penambahan orang yang positif untuk memutus mata rantai penularan. Dalam penanganan Covid-19 ini, Oded memastikan test Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab test diberlakukan menindaklanjuti hasil rapid test.

“Karena hasil rapid test itu akurasinya perlu dibuktikan lagi oleh swab test. Oleh karenanya, pemeriksaan swab test itu perlu kita lakukan,” jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 409 dinyatakan positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil tes cepat rapid test Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten dan Kota Bandung. Sementara, yang negatif tercatat mencapai 9.995 orang.

Jumlah tersebut terhitung per tanggal 31 Maret 2020 pukul 16.00 wib. Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani menerangkan 409 orang yang positif itu diwajibkan menjalani tes lanjutan yaitu swab dan virus transfer media (VTM).

"Test swab-nya dilakukan di kabupaten/kota. Bisa di rumah sakit atau di labkes kabupaten/kota, setelah dilakukan test swab, hasil tesnya dikirim ke Labkesda Provinsi. Nanti, dari 409 positif Covid-19 baru bisa dilihat hasil akhirnya setelah dilakukan PCR oleh Labkesda Provinsi Jabar," ujar Berli, Rabu 1 April 2020.

Menurutnya, yang berhak mendapat layanan test swab merupakan peserta rapid test dan pasien dalam pengawasan (PDP). 

"Untuk menambah persediaan perangkat test swab dan VTM kami juga saat ini mendapat bantuan dari Unpad dan RSHS, serta sedang meminta tambahan kepada Balitbangkes," katanya.