Virus Corona: Korlantas Polri Gunakan Drone Cek Suhu Pengendara

Sumber :

VIVA – Mengawali hari pertama pelaksanaan Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 yang dimulai hari ini, 6 April, sampai 19 April 2020, Korlantas Polri bersama Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan sosialisasi kepada para masyarakat, khususnya para pengguna jalan tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan yang juga sebagai upaya cipta kondisi pada pelaksanaan Operasi Ketupat nanti.
.
Korlantas Polri menggelar Operasi Keselamatan dengan menggunakan operasional drone untuk mendeteksi suhu tubuh kepada para pengguna jalan, khususnya pengemudi Ojek Online (Ojol) di kawasan Senayan Jakarta, yang masih melakukan aktifitas mencari nafkah ditengah mewabahnya virus Covid-19. Dimana pemerintah pusat memberikan aturan terkait social distancing dan physical distancing.
.
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono yang memimpin jalannya Operasi Keselamatan 2020 mengatakan, drone ini juga dapat diifungsikan untuk memberikan edukasi physical distancing melalui pengeras suara yang dihubungkan dengan audio untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19.
.
"Pelaksanaan Operasi Keselamatan 2020, lebih mengedepankan upaya preventif dan preemtif. Di tengah pandemi Virus Covid-19 saat ini, operasi kita gelar dengan mengutamakan keselamatan dari bahaya virus covid-19, seperti yang kita lakukan saat ini dengan menggunakan drone," ujar Istiono dalam keterangan tertulisnya, Senin, 6 April 2020.
.
Istiono melanjutkan bahwa penggunaan operasional drone juga nantinya akan diterapkan di beberapa wilayah dan tempat-tempat kerumunan, untuk mengecek langsung suhu tubuh di sana.
.
"Alat ini sangat membantu kita, ini akan terus kita gunakan selama musim KLB, nantinya bila ada suhu tubuh di atas 38 derajat akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran virus covid-19," ujarnya.
.
Selain melakukan pengecekan suhu tubuh, operasi yang juga dihadiri oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo, Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin, dan Direktur Kelembagaan Bank BRI, Agus Nursanto, juga memberikan bantuan sembako kepada para pengemudi ojol usai diperiksa kesehatannya.