Swab PCR Covid-19, Kini Tersedia di RS Siloam Makassar

Sumber :

VIVAnews - Salah satu upaya untuk mengetahui keberadaan virus SARS-Cov-2 atau yang populer disebut sebagai corona atau Covid-19 adalah dengan pemeriksaan Swab berupa metode polymerase chain reaction (PCR). Swab dengan metode PCR kini telah tersedia di Rumah Sakit Siloam Makassar.

Instrumen yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini adalah tersedianya reagent yaitu senyawa yang ditambahkan untuk melihat reaksi yang terjadi.

"Metode ini jauh lebih akurat untuk mendeteksi ada tidaknya Covid-19," kata Direktur RS Siloam Makassar, dr Hery Bertus, Sabtu malam tadi.

Menurutnya, dengan melihat tingginya kebutuhan masyarakat dalam upaya mendapatkan pemeriksaan Swab yang masih sangat terbatas, maka pihaknya berharap dengan adanya Swab atau PCR tersebut, harapan akan layanan kesehatan yang memadai dapat terpenuhi.

"Besar harapan kami dengan tersedianya layanan Swab tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat Sulsel, khususnya Kota Makassar," ujar Hery.

Selama ini, aktivitas pemeriksaan Swab atau PCR, dilakukan di Jakarta, sehingga cukup lamban untuk mengetahui positif atau negatifnya seorang pasien. Mesti menunggu berhari-hari untuk mengetahui hasilnya.