Bayi 4 Bulan Positif Corona, Tim Gugus Tugas Cari Sumber Penularan

Sumber :

VIVA – Kasus penularan positif virus corona atau Covid-19 yang dialami seorang bayi perempuan berusia empat bulan asal Muara Enim, mendapat perhatian serius dari tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sumatera Selatan. Sebab, dari mana penularan si bayi cukup misterius dan masih dalam penyelidikan.

"Saat kita periksa, bayi perempuan itu menunjukkan gejala awal menderita Pneumonia akut. Namun setelah kita lakukan tes swab hasilnya positif," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri, Minggu, 19 April 2020.

Dikatakan Yusri, bayi asal Muara Enim tersebut merupakan salah satu dari 30 pasien positif terjangkit virus corona yang diumumkan Sabtu kemarin, 18 April 2020. Bayi perempuan itu kasus nomor 56.

Saat ini, kata dia, si bayi masih dirawat di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Di mana dari hasil pemeriksaan kesehatan, bayi itu saat ini kondisinya cukup stabil.

"Tapi walaupun kondisinya stabil, kita anggap masih perlu pengawasan lebih lanjut, karena dianggap rentan," ungkapnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap pasien, tim Gugus Tugas, juga melakukan tracking terhadap keluarga pasien, terutama melakukan pemeriksaan sampel kepada ibunya.

"Siapa pun yang bersinggungan dengan si bayi pasti kita lakukan pemeriksaan, dan kita juga lakukan tracking terhadap keluarga bayi, termasuk ibunya untuk diperiksa lebih lanjut," jelasnya.