Lagi, Bayi di Sumatera Selatan Positif Corona

Ilustrasi bayi menangis.
Sumber :
  • vstory

VIVAnews - Virus corona atau Covid-19 kembali menyerang seorang bayi di Sumatera Selatan. Bayi tersebut diketahui masih berusia empat bulan dan baru saja kembali ke Tanah Air bersama ibunya dari Malaysia.

Juru Bicara Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri, mengungkapkan bayi yang dinyatakan positif virus corona adalah warga asal Kabupaten Ogan Ilir. Bayi tersebut tercatat sebagai kasus nomor 99.

"Bayi ini tercatat sebagai kasus impor, baru pulang bersama ibunya yang seorang TKI (tenaga kerja Indonesia). Mereka pulang ke Indonesia tergabung dalam rombongan TKI dari Malaysia," kata Yusri, Sabtu, 25 April 2020.

Yusri mengatakan si bayi bersama ibunya pulang bersama rombongan TKI yang berjumlah sembilan orang. Mereka kembali ke Tanah Air melalui jalur udara, namun dengan tujuan ke Medan, Sumatera Utara.

Dari Medan, mereka baru melanjutkan perjalanan ke Palembang lewat jalur darat dan tiba di Bumi Sriwijaya pada Senin, 13 April 2020. Usai tiba di Palembang, rombongan TKI pun langsung dilakukan rapid test.

Menurut Yusri, si bayi terkonfirmasi positif corona setelah menjalani rapid test di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Palembang, Sumatera Selatan. Bayi itu kemudian diambil sampel swab untuk dilakukan tes PCR. Hasilnya pun kembali positif.

Sementara ibunya, dari hasil pemeriksaan pertama justru dinyatakan negatif. Dan berdasarkan hasil tracing Tim Gugus Tugas, si bayi diduga terpapar virus corona dari TKI lainnya berjenis kelamin laki-laki, yang telah terlebih dahulu dinyatakan positif corona.

"Kondisi bayi itu sehat, dia masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan atau isolasi di ODP Center Jakabaring," katanya.

Yusri menjelaskan meskipun hasil pemeriksaan pertama ibu dari bayi itu negatif, namun yang bersangkutan juga belum menyelesaikan masa inkubasi virus selama 14 hari. Oleh karena itu, nantinya akan dilakukan pengambilan sampel kedua kepada yang bersangkutan.

"Kita juga akan segera memindahkan bayi itu untuk menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang. Sehingga kondisinya dapat lebih terpantau tim medis," katanya.

Kasus positif corona terhadap bayi ini tercatat menjadi yang kedua kalinya di Sumatera Selatan. Di mana sebelumnya, juga terdapat bayi dengan usia yang sama asal Kabupaten Muara Enim.

Bayi itu tercatat sebagai kasus nomor 56 yang terpapar secara lokal. Hingga saat ini, kasus virus corona di Sumatera Selatan sudah mencapai 106. Dengan tiga di antaranya meninggal dunia dan lima sudah dinyatakan sembuh.