Tampil Perdana di Publik, Menhub Budi Karya: Saya Kangen

Menhub Budi Karya (Kiri) dan Dirut KAI Edi Sukmoro (tengah).
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, tampil perdana di publik usai dirawat lantaran positif corona covid-19. Ia sempat menyampaikan keterangan pers usai rapat kabinet internal, Senin 27 April 2020.

Melalui sambungan langsung youtube di akun Sekretariat Presiden, Budi Karya melaporkan beberapa hasil rapat kabinet. Namun, di awal penyampaiannya, ia menyempatkan untuk bercerita.

"Satu bulan kita tak ketemu saya kangen sekali," kata Budi Karya, dengan penuh haru. 

Ia dirawat sejak Maret 2020. Budi Karya sebelumnya pasien positif Covid-19 ke-76. Pada 15 Maret 2020, statusnya yang positif tersebut disampaikan oleh pihak Istana.

Budi Karya menceritakan, bagaimana ia sampai sangat rindu dan kangen dengan jurnalis yang selalu meliputnya. Memang, di awal-awal virus ini menyebar hingga masuk ke Indonesia, Budi Karya jadi salah satu menteri yang sangat sibuk mengantisipasi ini. Hingga ia sendiri yang terpapar.

Saat dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Budi Karya mengatakan terharu atas kebersamaannya dengan wartawan. Dalam kondisi ia sakit, dia dikirimi kolase lagu, kumpulan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh para wartawan.

"Jujur saya terharu dan menitikkan air mata," katanya. 

Mantan Dirut Angkasa Pura II ini mengatakan, walau di tengah kondisi sakit tetap bekerja. Bahkan, usai dinyatakan sembuh dan tetap harus karantina mandiri, Budi Karya mengaku sudah lima kali melakukan rapat internal.

Namun, meski saat ini sudah mulai ikut rapat kabinet, Budi Karya mengatakan belum bisa bergerak. Ia baru selesai karantina mandiri selepas 5 Mei 2020. Dia berjanji, akan melepas kerinduannya setelah itu.

"Sampai jumpa, saya kangen," ujarnya.