Ada 1.000 Rapid Test Per Hari oleh Relawan di RSD Wisma Atlet

Sumber :

VIVA – Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno menyebut ada empat mobil dikerahkan pihaknya untuk menggelar rapid test massal dengan cara jemput bola.

"Mobil rapid test ada empat yang operasi test segera," kata Sandiaga di kawasan Wisma Atlet Kemayoran, Rabu 29 April 2020.

Kata Sandi, target per mobil 250 sampai 300 test per hari. Dengan adanya empat mobil, maka dalam sehari pihaknya bisa membantu melakukan test sampai dengan 1.000. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebut pihaknya bekerja sama dengan TNI, Porli dan BIN guna mendata tempat yang paling tepat sasaran untuk kegiatan rapid test jemput bola ini. Hasilnya sudah dapat data 3.000 lebih.

Kemudian, data ini dikoordinasikan dengan gugus tugas, aparat setempat dan para relawan agar bisa menyisir warga yang betul membutuhkan dan tepat sasaran dan belum tersentuh bantuan sosial pemerintah. Pasalnya, selain rapid test jemput bola, pihaknya juga memberikan paket sembako berikut masker. Kemudian juga kegiatan dekontaminasi dan disinfektan.

Namun, sebelum itu pihaknya akan lebih dulu evaluasi rapid test massal yang telah dilakukan lebih dulu pihaknya di kawasan sekitar Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat yang telah berjalan sejak 22 April sampai 29 April hari ini.

"Kalau ada empat (mobil) jadi 1.000 per hari. Lamanya akan disesuaikan dengan kebutuhan," katanya.

Lebih lanjut Sandi mengatakan, terkait rapid test massal yang telah dilakukan pihaknya selama tujuh hari lamanya di kawasan Wisma Atlet, dari 2.955 orang yang ikut rapid test tercatat ada 28 warga positif virus corona atau covid-19. Mereka adalah warga Banten Jawa Barat dan Jakarta yang langsung dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet.

Pada hari terakhir pelaksanaan rapid test di sana oleh pihaknya hari ini, Sandi menyebut kuota pemeriksaan pihaknya habis dan masih ada warga yang belum terpenuhi. Maka dari itu diusahakan agar ke depannya alat tes bisa ditambah lagi oleh pihaknya.

"Untuk zona merah, data kami kumpulkan dari sekitar sini Pademangan banyak sekali warga yang berpartisipasi, Koja dari Jakut dan Jakpus, sesuai zona merahnya. Tapi banyak sekali kesamaan data dengan dikeluarkan pemerintah," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihaknya akan menggelar rapid test massal dengan cara jemput bola di tiap kelurahan pada kawasan Jakarta Pusat. Rencananya, hal tersebut dilakukan pekan depan.

"Kami akan menghampiri kelurahan-kelurahan dan beberapa pemukiman yang padat dan banyak masyarakat yang pra sejahtera, kita sebut sebagai padat dan banyak masyarakat yang belum terakses dengan bantuan sembako dan bantuan melakukan rapid test," ujar Sandiaga di kawasan Wisma Atlet Kemayoran, Minggu, 26 April 2020.