Hardiknas, Anak-anak Pemulung di Bantargebang Dapat Alat Tulis

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2020, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Uno menyambangi keluarga pemulung di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. 

Sandiaga ingin anak-anak pemulung tersebut tetap mendapatkan pendidikan yang layak, agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik dan dapat mengejar cita-cita yang diinginkan

"Kita menyentuh pada hari pendidikan ini kepada kebutuhan utama dari masyarakat tentunya sembako dan juga buku alat-alat tulis dan masker ini yang telah kita bagikan secara simbolis 300 hari ini," kata Sandiaga kepada wartawan, Sabtu, 2 Mei 2020.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga meminta kolaborasi semua pihak untuk bersama-sama melawan pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 telah memberikan 15.000 paket sembako dan akan terus diberikan dalam tiga bulan ke depan.

Dalam setiap pemberian sembako, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga memberikan masker. Saat ini, 1,5 Juta dari 10 juta masker telah didistribusikan kepada masyarakat. 

Pemberian bantuan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dalam membantu pemerintah menangani pandemi ini. 

Sebelumnya, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga melaksanakan Rapid Test massal pada 22-29 April 2020 di Halaman Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, serta pemberian bantuan untuk buruh yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat dampak dari wabah Covid-19.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga melakukan Rapid Test massal dengan langsung mendatangi pemukiman padat penduduk yang berada di zona merah menggunakan Mobile Rapid Test.

Sandiaga mengatakan, pihaknya menggandeng Relawan Jokowi Mania dalam pemberian bantuan sembako di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Pemberian bantuan ini langsung dikomandoi Ketua Umum Relawan Jokowi Mania yang juga merupakan Anggota Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Immanuel Ebenezer.

"Kenapa kita berikan bantuan ke keluarga pemulung di Bantargebang karena ini adalah hasil pemetaan dan pendataan dari relawan yaitu dari simpul Joman di bawah Relawan Indonesia Bersatu. Kita harus berkontribusi dan harus bergotong royong," ujarnya.