Banjir di Kota Cilegon, Seret Mobil dan Jebol Pagar Beton

Gerbang Tol Cilegon Barat saat banjir.
Sumber :
  • twitter @tol_mms

VIVA – Derasnya terjangan air banjir di Kota Cilegon, Banten, mampu menghanyutkan mobil dan menjebol tembok beton. Berdasarkan data sementara, mobil yang hanyut ada di dua lokasi, yakni di Kampung Ciore Waseh dan Singkil, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol.

Sedangkan pagar beton yang jebol dihantam air banjir, berada di Kampung Ciore Waseh. Tak hanya derasnya air, ketinggian banjir yang mencapai satu meter juga menjadi penyebab mobil milik warga itu hanyut diterjang banjir. Namun belum dipastikan berapa jumlah mobil yang terbawa derasnya air banjir.

"Paling parah (banjir) di Grogol dan Gerem, ketinggian 1 meter lebih, mobil juga terbawa arus. Kalau mobil belum fix berapa nya, ada di Ciore Waseh sama kampung Singkil (mobil) yang hanyut," kata Ketia Taruna Siaga Bencana (Tagana) Cilegon, Yahya Afandi, melalui sambungan selulernya, Senin 4 Mei 2020.

Menurut Yahya, hujan turun sejak malam dan dini hari tadi, hingga siang hari hingga menyebabkan banjir. Khusus di Kampung Ciore Waseh, perbukitan memang sudah gundul dan dikeruk yang menyebabkan air tak tertampung hingga air banjir deras dan tampak seperti banjir bandang yang menerobos Gerbang Tol (GT) Cilegon Barat.

"Istilahnya karena dibuat tol, terus ada pengecoran, mungkin drainase nya enggak lancar, jadi airnya jebol gitu. Pager warga dari perkampungan itu pada jebol," terangnya.

Tagana Cilegon mengaku masih mengumpulkan data dari setiap kecamatan dan daerah terdampak banjir. Mereka juga akan mendirikan dapur umum di Grogol, untuk membantu makanan bagi korban banjir.

"Kita sedang koordinasi untuk buka dapur umum. Surut ya mulai sekarang-sekarang ini, mudah-mudahan cepet surut, enggak lama tergenang, kasian masyarakat," jelasnya.

Warga Twitter pun sudah ramai-ramai membagikan. Berikut salah satu video yang diungah warganet:

>