Cegah Corona, Relawan Gelar Rapid Test Massal TKI di Bandara Soetta

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 melakukan rapid test massal
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 terus bergerak membantu pemerintah dalam percepatan penanganan wabah Covid-19. Relawan yang dikomandoi Sandiaga Salahuddin Uno ini menggelar rapid test massal di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Rapid test massal ini diikuti 87 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi penumpang Garuda Indonesia GA 831 yang berasal dari Singapura.


Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno mengatakan, rapid test massal yang digelar di Bandara Soekarno-Hatta ini merupakan kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan PT Angkasa Pura II (Persero). Menurutnya, Bandara Soekarno-Hatta ini merupakan pintu masuk yang harus dilakukan rapid test massal agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


“Kami berkolaborasi dan bersinergi untuk melakukan rapid test kepada para penumpang yang turun melalui Bandara Soekarno-Hatta. Kebetulan, ada 87 WNI yang baru turun dari Singapura. Rapid test ini kami khususkan untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI),” ujar Sandiaga kepada wartawan di Jakarta, Senin, 4 Mei 2020.


Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan aksi rapid test yang digelar Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menjadi salah satu kegiatan paling efektif dan strategis dalam penanggulangan serta pencegahan wabah Covid-19. Dia berharap rapid test massal ini dapat membatasi dan mencegah penularan Covid-19.

“Karena pelabuhan udara ini adalah gerbang  pertama masyarakat dari luar negeri yang berpergian dan harus menjadi prioritas rapid test ini. Hampir semua yang datang adalah WNI. Kita pastikan aksi ini demi keselamatan bangsa kita dan memutus mata rantai penyebaran covid-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno-Hatta Anas Ma’ruf menambahkan, saat ini seluruh pintu masuk ke Indonesia telah melakukan pengawasan yang ketat terkait kedatangan seluruh WNI dari luar negeri. Sehingga, seluruh WNI yang masuk ke Indonesia tidak membawa wabah Covid-19. 


Dia pun menyambut baik rapid test yang digelar Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Menurutnya, pencegahan wabah Covid-19 ini jarus dengan kolaborasi semua pihak, termasuk Kementerian Kesehatan, PT Angkasa Pura (II) dan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.


“Intinya, kita harus berkolaborasi untuk bisa mencegah penyebaran Covid-19 masuk ke tanah air. Kami sangat apresiasi rapid test massal yang digelar Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ini. Kami yakin dengan kolaborasi, maka wabah ini bisa segera teratasi,” kata Anas.


Dalam rapid test massal ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menyiapkan 13 dokter dan beberapa tenaga medis. Hasilnya, tak ada satupun WNI yang terindikasi positif corona. Sandiaga juga didampingi para koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yakni Founder Kahmipreneur Kamrussamad dan Anggota Kahmipreneur Ahmad Fauzi.