ILC 5 Mei 2020: Benarkah PSBB akan Dilonggarkan?

Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas memandu acara talkshow favorit ILC (Indonesia Lawyers Club).
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Beberapa negara di Eropa, seperti Jerman, Italia, dan Spanyol, telah memperlonggar lockdown (karantina wilayah) saat wabah virus corona (Covid-19) mulai bisa mereka kendalikan. Begitu pula di Negeri Jiran Malaysia, pemerintah setempat perlonggar "Pembatasan Pergerakan" bagi rakyatnya mulai pekan ini setelah diberlakukan selama enam minggu.

Bagaimana dengan di Indonesia? Masih belum ada tanda-tanda Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diperlonggar. Bahkan makin bertambah daerah yang mengajukan PSBB kepada Kementerian Kesehatan setelah jumlah penularan virus corona terus bertambah di wilayah masing-masing.

Kendati demikian, muncul kabar Pemerintah Indonesia mulai mempersiapkan skenario untuk pelonggaran PSBB di bidang ekonomi atas pertimbangan penghidupan warga di tengah tuntutan pelayanan kesehatan. Relaksasi PSBB – seperti yang diutarakan Menteri Koordinator Hukum, Politik, dan Keamanan, Mahfud MD – lagi tengah dikaji pemerintah. 

Langkah ini sontak mengundang sorotan. PSBB, di satu sisi, mengundang dilema karena terbukti telah melumpuhkan perekonomian saat masyarakat tidak boleh beraktivitas seperti biasa dan banyak warga tidak bisa mencari nafkah.

Namun, kalangan pakar dan pekerja medis memperingatkan pemerintah agar tidak gegabah untuk segera melonggarkan PSBB. Ini karena penularan virus corona di Indonesia masih belum bisa dikendalikan, bahkan belum mencapai puncaknya.

Polemik itulah yang menjadi topik bahasan program talkshow populer Indonesia Lawyers Club (ILC) pekan ini. Dipandu Pemimpin Redaksi tvOne, Karni Ilyas, sejumlah pakar kesehatan, pejabat, pengamat, tokoh masyarakat hingga warga yang terdampak krisis corona akan urun pendapat soal dilema penerapan PSBB.

Saksikan ILC pekan ini dengan topik "Benarkah PSBB Akan Dilonggarkan?" Disiarkan secara langsung pada Selasa malam 5 Mei 2020 pukul 20.00 WIB hanya di stasiun televisi tvOne.

>