Angka Penumpang di Bandara Soetta Meningkat

Sumber :

VIVAnews - Pasca dibukanya kembali fasilitas transportasi umum dengan kriteria khusus di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, angka pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mengalami peningkatan.

Di mana, pada tanggal 6 Mei 2020, angka pergerakan penumpang sebanyak 1.650 orang. Kemudian, pada tanggal 7 Mei 2020, angka pergerakan penumpang sebanyak 1.697 orang.

Angka tersebut merupakan total pergerakan penumpang baik kedatangan dan keberangkatan penerbangan domestik maupun internasional.

"Ada kenaikan, tapi tidak signifikan atau membludak. Kenaikan itu terjadi pada 7 Mei 2020, yang bertepatan dengan pemberlakuan Surat Edaran tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbikan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan," kata Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, Minggu 10 Mei 2020.

Kemudian, untuk pergerakan pesawatnya pun, Febri mengklaim, tidak berbeda jauh. Di mana, pada 6 Mei 2020 atau sebelum Surat Edaran keluar, terdata sebanyak 151 penerbangan. Sementara, pada 7 Mei 2020, mengalami peningkatan 3 jadwal penerbangan menjadi 154 penerbangan.

"Pergerakan pesawat juga tidak signifikan naiknya, dan itu total baik yang datang ataupun keberangkatan domestik dan internasional. Sementara, untuk pergerakan pada 8 Mei 2020, saya belum mendapatkan datanya, tapi dari informasi lapangan terjadi penurunan dibandingkan 7 Mei," ujarnya.

Berkaitan dengan kembali aktifnya transportasi umum, AP II masih terus dan akan tetap komitmen dengan protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran yang diterbikan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

"Kita komitmen dengan surat edaran di mana, terdapat kriteria penumpang, serta memperketat pemeriksaan kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19," katanya.