Update Corona di Sumsel 11 Mei: Pasien Sembuh Meningkat Jadi 64

Sumber :

VIVA – Jumlah pasien sembuh dari virus Corona (Covid-19) di Sumatera Selatan terus meningkat. Dalam dua hari terakhir, Tim Gugus Tugas Covid-19 melaporkan ada 15 orang pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Corona.

Minggu kemarin, 10 Mei 2020, Gugus Tugas Covid-19 mengumumkan sebanyak 8 pasien yang sudah dinyatakan sembuh. Sementara, pada hari ini, Senin, 11 Mei 2020, Gugus Tugas menyampaikan 7 tambahan baru pasien pulih dari Corona.

Dengan tambahan tersebut, pasien sembuh dari Corona kini mencapai 64 orang. Kabar baiknya, saat pasien sembuh terus meningkat, jumlah kasus positif justru tidak bertambah.

Pada periode yang sama, Gugus Tugas menyampaikan tak ada penambahan kasus positif alias nihil. Sehingga, jumlah kasus positif Corona secara kumulatif tetap berjumlah 278. Pun, demikian juga dengan jumlah pasien meninggal, tetap 9 orang.

"Untuk hari ini ada 7 orang yang sudah dinyatakan sembuh. Sementara jumlah positif tidak bertambah atau nihil," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan, Nur Purwoko Widodo.

Nur menyampaikan, 7 pasien sembuh 5 di antaranya berasal dari Palembang. Sedangkan, dua orang lainnya, masing-masing dari Kabupaten Ogan Ilir dan Banyuasin. 

Dia bilang 7 orang pasien sembuh itu telah menjalani pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) sebanyak dua kali.

Hasilnya, mereka sudah dinyatakan negatif dari virus Corona. Sehingga, para pasien tersebut kini telah diperbolehkan pulang ke rumah dan bertemu keluarganya.

Dia mengimbau agar pasien yang sudah dinyatakan negatif sembuh itu untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama dua pekan. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika Covid-19 kembali reaktif di tubuh pasien.

"Jadi, walaupun sudah sembuh, tetap lakukan isolasi mandiri sebagai antisipasi," ujarnya.

Sementara itu, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 4.741 orang. Selesai pengawasan 3.537 orang dan masih dalam pemantauan 1.204. 

Untuk Pasien Dalam Pemantauan (PDP) berjumlah 316 orang dengan 161 di antaranya sudah selesai pengawasan dan 155 masih dirawat.

Kemudian, jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang sebanyak 1.701 orang dengan hasil positif 278 dan negatif 251 orang. Untuk 1.143 orang masih dalam pemeriksaan.

"Rincian 1.701 sampel itu, OTG 1251, PDP 336 dan ODP 84 sampel. Untuk pasien meninggal tidak ada penambahan, tetap 9 orang," ujarnya.