Pakai Baju Hazmat, Ratusan WNI dari Bangladesh Tiba di Bandara Soetta

Sumber :

VIVA – Sebanyak 203 warga negara Indonesia (WNI) dari Bangladesh akhirnya tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin malam, 11 Mei 2020. Mereka tiba dengan pesawat Lion Air. 

Kedatangan ratusan WNI itu cukup mengundang perhatian lantaran, saat turun dari pesawat, mereka langsung mengenakan Alat Pelindung Diri atau APD lengkap dengan baju hazard.

Kepala Kantor Karantina Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta, Anas Ma'aruf membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, saat ini ratusan WNI itu dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede.

"Benar, pesawat tiba jam 19.30 Wib, saat tiba, para penumpang langsung dibawa ke Asrama Haji," katanya, Selasa, 12 Mei 2020.

Ratusan WNI itu terdiri dari para jamaah tabligh sebanyak 162 orang, Pekerja Migran Indonesia atau PMI dan pelajar berjumlah 34 orang, serta 13 orang dari Dhaka. 
                            
Pada proses penerimaan WNI di Bandara Soetta, pihak KKP langsung menerapkan protokol kesehatan di dalam pesawat. Kemudian, saat turun dari pesawat, ratusan WNI tersebut sudah mengenakan baju hazard dan masker.

"Di atas pesawat petugas melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan, kemudian cek suhu tubuh dengan thermogun dan pulse oxymeter atau kadar oksigen dalam darah," ujarnya.

Selanjutnya, ratusan WNI tersebut tidak masuk ke dalam terminal, karena untuk pemeriksaan dokumen perjalanan oleh pihak imigrasi Bandara Soetta dilakukan langsung di appron atau di bawah badan pesawat, sesaat setelah turun. Mereka langsung diangkut dengan kendaraan untuk menuju Asrama Haji Pondok Gede, untuk karantina lebih lanjut.

"Hari ini rencananya akan dilaksanakan test PCR di Pondok Gede, untuk memastikan lebih lanjut mereka positif Covid-19 atau tidak. Dan setelah mereka dibawa pergi, kita langsung melakukan penyemprotan disinfektan terhadap bagasi penumpang, hand carry," ungkapnya.

Kedatangan para WNI tersebut pun disaksikan langsung oleh Anas, kemudian Ketua Gugus Tugas Covid-19 Bandara Soetta, Kolonel M.A Silaban, Dandim 0506/Tgr  Kolonel Wisnu Kurniawan, Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol Adi Ferdian Saputra, dan perwakilan dari Angkasa Pura II.